Komisi III Mulai Tes Wawancara Capim KPK Hari Ini


Komisi III Mulai Tes Wawancara Capim KPK Hari Ini Ilustrasi seleksi capim KPK. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Komisi III DPR akan memulai proses fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan 10 calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) periode 2019-2023 melalui uji wawancara pada Rabu (11/9).

Uji kelayakan para Capim KPK itu berlangsung selama dua hari. Para Capim KPK ini akan dibagi dalam dua kelompok tes wawancara berdasarkan waktunya, yakni hari ini dan esok.


"Ya tidak tertutup kemungkinan, bahkan itu bisa jadi termasuk pertanyaan yg akan cukup banyak mendominasi, kalaupun tidak demikian," kata dia.Anggota Komisi III Arsul Sani mengatakan pihaknya tengah mencari Capim KPK yang memenuhi tiga parameter utama penilaian. Yakni, aspek integritas, kompetensi, dan aspek kepemimpinan.Berdasarkan dokumen yang diterima CNNIndonesia.com, tes wawancara itu akan dimulai Pukul 10.00 WIB. Ada lima Capim KPK yang diagendakan melakukan uji wawancara pada hari ini.

Mereka adalah Nawawi Pamolango, Lili Pintouli Siregar, Sigit Danang Joyo, Nurul Ghufron, dan I Nyoman Wara. Proses tes wawancara itu diperkirakan akan berakhir pada pukul 18.30 WIB.

Sementara lima Capim KPK lainnya seperti Alexander Marwata, Johanis Tanak, Lutfi Jayadi Kurniawan, Firli Bahuri, dan Roby Arya sudah dijadwalkan mengikuti tes wawancara esok hari di Komisi III.


"Nah ini kan juga kita harus mengerti gitu kira-kira wawasan, stylenya segala macam harus kita gali lah nanti di dalam fit n proper test," kata Arsul di Kompleks MPR/DPR, Jakarta kemarin.

Di luar itu, Arsul turut menyinggung Komisi III tak menutup kemungkinan akan menanyakan sikap para Capim terkait rencana revisi Undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang kini tengah bergulir di DPR.


Sebelumnya, DPR telah menerima 10 nama capim KPK dari Jokowi. Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar mengatakan 10 nama capim KPK itu diterima pihaknya pada Rabu (4/9) lalu.

Usai uji kelayakan, DPR akan memilih lima dari 10 Capim KPK untuk diangkat sebagai Pimpinan KPK definitif periode 2019-2023. Selanjutnya, Jokowi akan melantik lima pimpinan baru KPK itu di Istana Negara seusai mekanisme yang berlaku.

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190911062643-12-429324/komisi-iii-mulai-tes-wawancara-capim-kpk-hari-ini
Share:

Recent Posts